OurVoice Forum


 
HomeHome  OurVoice WebsiteOurVoice Website  Peraturan & AdminPeraturan & Admin  Formulir Data KekerasanFormulir Data Kekerasan  RegisterRegister  Log in  
....Your sexuality is just one part of what makes you who you are....
..Exploring what and where you think your place is in this world can have massive effects on your self confidence..

Share | 
 

 Nanoteknologi

Go down 
AuthorMessage
oscar_wilde
Staff
avatar

Jumlah posting : 222
Join date : 2009-06-30
Age : 30
Lokasi : S-machi, S-town, S-pura

PostSubject: Nanoteknologi   Wed Sep 02, 2009 11:00 pm

Satu nanometer adalah satu per semiliar meter.
Satu nanometer adalah seperti sebutir kelereng berbanding bumi.
Satu nanometer berbanding satu sentimeter sama dengan satu sentimeter berbanding 100 km.
Sehelai rambut manusia adalah setara dengan ukuran 80.000 nanometer.
Kuku jari kelingkingmu dari ujung ke ujung adalah sekitar 10.000.000 nanometer.


Abad ini adalah abad nanoteknologi. Dalam bahasa Yunani, nano berarti "kurcaci". Satu nanometer adalah jarak yang sangat sempit, kecil, dibanding apapun yang ada di bumi. Tanda koma ini (,) contohnya, panjangnya sekitar 500.000 nanometer. Nanoteknologi menjadi penting karena materi-materi telah diketahui mulai mengembangkan sifat aneh saat dibuat berukuran nano. Robeklah sebuah aluminium foil menjadi serpihan. Ia pun tetap bersifat seperti aluminium. Bahkan setelah serpihan itu menjadi sangat kecil hingga kamu memerlukan mikroskop untuk melihatnya. Teruslah merobeknya lebih kecil. Di titik tertentu - sekitar 20 sampai 30 nanometer - serpihan aluminium foil dapat meledak!
Tak semua materi berukuran nano berubah menjadi sifat yang berguna. Namun fakta beberapa materi berukuran nano berguna, adalah sebuah anugerah. Zat-zat bersifat ajaib pada skala nano karena pada ukuran tersebut sifat utama dari materi ditentukan. Bila kamu mengatur molekul-molekul kalsium karbonat (CaCO3) seperti pola gigi gergaji, maka yang diperoleh adalah ikatan kapur yang rapuh serta rentan pecah. Tetapi jika kamu menyusunnya dengan pola batu bata, mereka akan membentuk lapisan-lapisan cangkang kerang yang kuat dan mengilat.
Ini menjadi ide menarik: membuat materi bersifat ideal dengan cara mengatur struktur atomnya. Para ilmuwan telah mengembangkan alat-alat langka, seperti scanning tunneling microscope untuk melihat dan memindahkan atom-atom tunggal melalui suatu ujung terasah yang halus, selebar satu atom.
Pada sebuah meja di laboratorium Rice University, Andrè Gobin, mahasiswa pascasarjana sedang bekerja dengan dua potong daging ayam mentah. Ia mendekatkan kedua potong daging menjadi satu sehingga bersentuhan dan mengeluarkan cairan hijau di sepanjang garis pertemuan. Cairan tersebut adalah larutan kulit nano (nanoshells): butiran silika berlapis emas. Gobin mengarahkan dan menggerakkan laser infra merah di sepanjang garis hijau. Hasilnya: sepotong daging! Suatu saat nanti para ahli bedah dapat menggunakan kulit nano untuk menghubungkan kembali pembuluh-pembuluh vena yang terpotong saat pembedahan.
Salah satu alasan mengapa nanoteknologi menyebar secara global dengan sangat cepat adalah karena biaya awal yang diperlukan sangat rendah dibandingkan industri lain. Karbon terbukti sebagai elemen berguna dalam nanoteknologi. Salah satu pilar pembangun sains: molekul yang mengandung 60 atom karbon yang diatur dalam sebuah bulatan. Molekul C60 tampak seperti kubah geodesik, ditemukan oleh Buckminster Fuller. Itu sebabnya diberi nama buckyball. Richard Smalley dan koleganya menemukan buckyball pada tahun 1985 dan tahun 1996 mereka mendapat Hadiah Nobel bidang kimia.
Karena ringan dan padat komposisinya, hanya beberapa percik tabung nano karbon ke dalam perekat dapat memperkuat lem lebih dari 30%. Tabung-tabung tersebut juga dipakai pada peralatan olah raga mahal. Mereka menguatkan raket tenis, gagang kemudi sepeda, rangka sepeda balap, dan batang stik golf.
Lain Smalley, lain Jim Heath. Kimiawan California Institute of Technology ini adalah mengembangkan sensor berskala nano yang mampu mendeteksi dan mendiagnosa kanker. Sasaran Heath adalah mendeteksi kanker lebih awal, saat jumlahnya masih beberapa ribu sel dan jauh lebih mudah diobati. Tak seperti HIV atau malaria, kanker lebih sulit terdeteksi dini. Untuk mendiagnosa kanker dini perlu mengukur 20 atau 25 protein yang berbeda. Namun dengan nanoteknologi, hal itu dapat dilakukan dengan menganalisis setetes darah.
Peran nanoteknologi tampaknya akan semakin bersinar karena diperlukan bagi banyak bidang kehidupan. Di Indonesia sendiri pakar nanoteknologi masih bisa dihitung dengan jari. Bukan karena penelitian nanoteknologi tidak menarik, melainkan karena perhatian pemerintah tidak ke kemajuan teknologi. Pemerintah masih berasyik masyuk dengan urusan perut sendiri. Oalah....

_________________
Back to top Go down
Trielz
Kuning
avatar

Jumlah posting : 131
Join date : 2009-08-16
Age : 29
Lokasi : Jakarta Selatan...^^

PostSubject: Re: Nanoteknologi   Thu Sep 03, 2009 6:05 am

waah,,,
nanoteknology ternyata punya bnyk manfaat niih...terutama d dunia kesehatan..
kereen!!
top dah
Back to top Go down
Art_Art
Staff
avatar

Jumlah posting : 888
Join date : 2009-08-04
Age : 22
Lokasi : Somewhere On Earth

PostSubject: Re: Nanoteknologi   Thu Sep 03, 2009 7:38 am

Hoh.... mang bisa gitu Alumunium dalam ukuran 20-30 nanometer dapat meledak ? wogh..baru tahu... hehe

But..mengenai pemerintah, gw rasa sih, tidak cuma mentingin perut sendiri lha.... banyak kok memang bidang2 yang masih belum tersentuh dan mendapat perhatian khusus oleh mereka, karena emang pemerintah kita masih fokus ke hal-hal yang dianggap penting dan menguasai hidup orang banyak dulu...
walaupun nanoteknologi dapat digunakan dalam dunia kesehatan dan sangat berguna untuk masyarakat, tetapi sekarang fokus pemerintah masih ke askes, askin, dan investasi obat-obat generik yang dirasa masih cukup signifikan dalam membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan, walaupun di banyak sisi banyak merugikan perusahaan farmasi.... Curiga

Mending klo mau, yang mengelola adalah pihak swasta yang memiliki permodalan yang cukup untuk membiayai pengembangan teknologi ini.... kalau mengharapkan pemerintah mah, sampe malin kundang jadi manusia lagi juga belum tentu bisa jalan....
Atau kalau memang akhirnya dikelola pemerintah, takutnya malah acak kadul...... udah banyak contoh kan..... ?! Sumberdaya yang dikelola swasta malah jauh lebih bagus dibanding dikelola pemerintah hehehehehe

Yah... kok jadi panjang yah.. udah ah... ALL POST ABOVE IMHO AND CMIIW yah !!! top dah

_________________

I lift my eyes unto the hills, Where does my help come from?
My help comes from the Lord The Maker of Heaven and Earth
Back to top Go down
gatotkaca
Jingga
avatar

Jumlah posting : 80
Join date : 2009-07-31
Lokasi : Jakarta

PostSubject: Re: Nanoteknologi   Sat Sep 19, 2009 10:08 am

hiiiih...seru yah...ketika manusia beralih mengeksplorasi apa yg ada disekitar dgn cara deduktif gitu.... wah..jadi inget sebuah film dari Jerman, ketika seseorang dgn tdk sengaja melihat bagaimana bentuk kehidupan dr setitik spermanya melalui sebuah mikroskop...dia mulai sadar bhw dia tdk boleh sembarangan masturbasi ataw ML...krn itu berarti dia telah menyia-nyiakan atw membunuh beribu-ribu sel calon mahluk hidup potensial.....

Good info....Thx Oscar....

top dah
Back to top Go down
Sponsored content




PostSubject: Re: Nanoteknologi   

Back to top Go down
 
Nanoteknologi
Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
OurVoice Forum :: OurLifestyle :: Info Buku dan Teknologi-
Jump to: